Friday 25 December 2009

Pengetahuan

Metode Ilmiah

Pengetahuan dapat diperoleh karena manusia adalah mahluk yang mulia dari mahluk yang lain di dunia ini, manusia bisa berpikir, merasa dan mengindera. Selain itu Pengetahuan juga diperoleh melalui Intuisi dan Wahyu yang disampaikan Tuhan melalui utusannya kepada manusia.

Disini terdapat berbagai macam pengetahuan berserta sumber diantaranya:

1. Pengetahuan yang bersumber dari pikiran

2. Pengetahuan yang bersumber dari perasaan

3. Pengetahuan yang bersumber dari indera

4. Pengetahuan yang bersumber dari intuisi

5. Pengetahuan yang bersumber dari wahyu

Untuk memperoleh pengetahuan ada beberapa cara antara lain:

1. RASIONALISME

Rasionalisme adalah bagaimana cara kita untuk memperoleh pengetahuan melalui dengan cara berpikir secara rasional. Adapun efek negatif memperoleh pengetahuan dengan berpikir rasionalisme ini dapat menyebabkan manusia itu jatuh pada Solipsisme ( pengetahuan yang benar menurut anggapan kita masing-masing).

2. EMPIRISME

Selain rasionalisme untuk memperoleh pengetahuan kita dapat juga dengan Empirisme, cara mendapatkan pengetahuan ini berdasarkan pengalaman apa yang telah kita lakukan sehari-hari, telah kita ketahui logika saja tidak cukup untuk mendapatkan kebenaran akan tetapi pengalaman merupakan sumber kebenaran yang sebenarnya.

Ilmu adalah Sekelompok pengetahuan yang memiliki ciri-ciri pembeda tertentu. Menurut pendapat Andi Hakim Nasution ( 1988), Ilmu adalah kumpulan pengetahuan yang dikumpulkan manusia melalui penggunaan akalnya dan disusun dalam suatu bentuk yang berpola.

Dalam kategori ini, ILMU merupakan gabungan dari sumber pikiran (rasio) dan indera. Untuk mengetahui sesuatu pengetahuan merupakan ilmu atau tidak hendaknya harus dikaji terlebih dahulu. Sebelumnya haruslah mengetahui apa itu ilmu berserta karakteristiknya, yang pertama harus kita kaji adalah:

1. Etika berasal dari kata etik (atau etika) berasal dari kata ethos (bahasa Yunani) yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat. Sebagai suatu subyek, etika akan berkaitan dengan konsep yang dimiliki oleh individu ataupun kelompok orang untuk menilai apakah tindakan-tindakan yang telah dikerjakannya itu atau pun pengetahuan yang di peroleh salah atau benar, buruk atau baik. Menurut Martin (1993), etika didefinisikan sebagai "the discipline which can act as the performance index or reference for our control system".

2. Estetika secara sederhana dapat diartikan ilmu yang membahas tentang keindahan, bagaimana suatu pengetahuan bisa terbentuk, dan bagaimana seseorang bisa merasakannya.

3. Logika merupakan sebuah ilmu pengetahuan dimana obyek materialnya adalah berpikir (khususnya penalaran/proses penalaran) dan obyek formal logika adalah berpikir/penalaran yang ditinjau dari segi ketepatannya untuk mengetahui mana yang benar dan yang salah.

Dalam kegiatan keilmuan, aturan berpikir dipatuhi dengan penuh kedisiplinan, sehingga ilmu lebih dikenal sebagai disiplin pengetahuan yang relatif lebih teratur dan terorganisasi.

2 komentar:

Ani said...

Postingannya memang betul2 menambah pengetahuan juga...

Anonymous said...

Hi!
You may probably be very interested to know how one can manage to receive high yields on investments.
There is no initial capital needed.
You may commense earning with a sum that usually is spent
on daily food, that's 20-100 dollars.
I have been participating in one project for several years,
and I'll be glad to share my secrets at my blog.

Please visit my pages and send me private message to get the info.

P.S. I make 1000-2000 per daily now.

http://theinvestblog.com [url=http://theinvestblog.com]Online Investment Blog[/url]

Klik tombol diatas, dan link aku akan nongkrong di blogmu. Aku pasti segera link balik kalau kamu ninggalin jejak

Hidup Belajar

Buku Tamu Wajib Diisi


ShoutMix chat widget
Get paid To Promote at any Location